Tentang Kawasan Andalas Bukit Baruga

Site PLan Andalas IV Agustus 09

Kawasan Andalas adalah kawasan ke-8 yang dikembangkan oleh PT. Baruga Asrinusa Development dan merupakan kawasan yang terintegrasi dalam perumahan Bukit Baruga yang merupakan perumahan terbaik di kota Makassar. Pemberian nama kawasan Andalas adalah komitmen PT. Baruga Asrinusa Development untuk tetap menggunakan nama-nama pulau yang ada di Indonesia. Sebelumnya PT. Baruga Asrinusa Dev. Juga telah menggunakan nama Celebes dan Borneo untuk dua kawasan terdahulu.

Kawasan Andalas dibagi dalam 3 tahap, Andalas tahap 1, tahap 2 dan tahap 3. Kawasan Andalas tahap 1 mulai digarap sekitar pertengahan tahun 2006, terdiri atas 3 tipe yaitu : tipe Kerinci (40/90), Kaba (43/90), Ophir (65/135) dan tipe Krakatau (100/225). Tahap 1 telah selesai sekitar awal tahun 2008 dan saat ini telah dihuni oleh beberapa kepala keluarga.

Sekitar pertengahan tahun 2007, pekerjaan kawasan Andalas tahap 2 dimulai. Di tahap kedua ini tipe yang dipasarkan tetap berjumlah 3 tipe dengan beberapa pengembangan dan penyempurnaan desain. Saat ini kawasan Andalas tahap 2 sudah hampir rampung dan 100 %, termasuk fasilitas jalan dan drainase. Menurut rencana seluruh kawasan akan diserahterimakan pada akhir tahun 2009. Kawasan Andalas 1 dan 2 sendiri berada di atas lahan seluas kurang lebih 3 Ha.

Awal 2009 juga menjadi awal dimulainya pekerjaan pada kawasan Andalas 3. Dibangun pada lokasi seluas kurang lebih 7 hektar, kawasan Andalas 3 berada pada posisi yang lebih strategis kerena ketinggiannya yang berada sekitar 11 M dari kawasan Andalas 1 dan 2. Kawasan Andalas 3 kemudian dibagi lagi dalam 2 zona, zona 1 dan 2.

Untuk zona 1, tipe yang dipasarkan ada 3, yaitu : tipe Sibayak (65/135), tipe Marapi (120/180) dan tipe Bandahara (160/250). Selain penyempurnaan dari segi desain dan kualitas material, kawasan Andalas 3 zona 1 juga memiliki kelebihan baru dari segi penataan lingkungan yang menggunakan sistem ground cable (kabel tanam) sehingga lingkungan akan terlihat lebih rapih tanpa adanya kabel yang melintang di udara.

Saat ini kawasan Andalas 3 zona 1 rata-rata telah mencapai bobot 15 %, beberapa di antaranya bahkan telah mencapai bobot di atas 50 %. Hampir semua unit rumah yang dipasarkan di kawasan Andalas 3 zona 1 ini telah habis terjual dengan rencana serah terima maksimal bulan Juni 2010.

Sementara itu, untuk kawasan Andalas 3 zona 2 pengembangan akan dilakukan sekitar akhir tahun 2009. Untuk kawasan ini Bukit Baruga kembali menghadirkan 2 unit baru yaitu tipe Singgalang (65/135) dan Sinabung (120/180).

untuk master plan Bukit Baruga, dapat dilihat di sini

Iklan

3 thoughts on “Tentang Kawasan Andalas Bukit Baruga

  1. Semoga fasilitas listrik dari PLN untuk kawasan andalas 1 (ophir) di kutacane selatan dapat segra terpenuhi karena sekarang masih nyantol di baruga, sehingga pemakaian listrik sangat terbatas..semoga bukit baruga tetap eksis, amin…

    • terima kasih pak untuk komentarnya.
      saat ini kami memang terus melakukan upaya ke PLN untuk pengadaan listrik di Bukit Baruga. sayangnya hingga saat ini pihak PLN memang sedang mengalami kesulitan untuk menyediakan listrik di kota Makassar.

      masalah listrik memang sudah jadi masalah umum di Indonesia sehingga meskipun kita punya dana tapi sambungan listrik tetap tidak bisa tersedia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s